Klasifikasi Sistem
Perdagangan
1.
Berdasarkan kesiapan pembayaran
a.
Sistem Debit, dimana konsumen harus
terlebih dahulu memiliki cadangan dana di suatu tempat, biasanya berupa
rekening di suatu bank. Contohnya adalah penggunaan kartu debit dan cek.
b.
Sistem Kredit, dimana seorang pembeli
dapat berhutang dahulu kepada sebuah pihak saat pembelian. Contoh pembayaran
charge card (misalnya American Express) dan kartu kredit (misalnya Visa dan
MasterCard)
c.
Sistem Prepaid, konsumen harus membeli
dan memiliki uang sebelum membeli suatu barang
2.
Berdasarkan keterlacakan transaksi
·
Transaksi teridentifikasi terlacak
a.
Transaksi Anonim, yaitu transaksi dimana
pedagang tidak mengetahui identitas seorang konsumennya
b.
Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat
informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.
c.
Deskripsi adalah satu kaedah upaya pengolahan data
menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar
dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya sendiri.
Beberapa macam penyerangan terhadap pesan yang dienkripsi
:
a. Ciphertext only attack, penyerang hanya mendapatkan pesan yang sudah
tersandikan saja.
b. Known plaintext attack, dimana penyerang selain mendapatkan sandi,
juga mendapatkan pesan asli. Terkadang disebut pula clear-text attack.
c. Choosen
plaintext attack, sama dengan known plaintext attack, namun penyerang bahkan
dapat memilih penggalan mana dari pesan asli yang akan disandikan.
Penyerangan dapat dikategorikan menjadi :
a.
Sniffting, mendengarkan seluruh paket yang lewat pada sebuah media
komunikasi, baik itu media kabel maupun radio
b.·
Replay attack,
c.
Spoofing, sebuah model serangan yang bertujuan untuk menipu seseorang. Serangan
ini dilakukan dengan cara
mengubah alamat asal sebuah
paket, sehingga dapat melewati
perlindungan firewall dan menipu host
penerima data
untuk membuka pesan yang disandikan itu. Contoh algoritma kunci simetris yang
terkenal adalah DES
Kunci Asimetris, pasangan kunci kriptografi yang salah satunya digunakan untuk proses
enkripsi dan yang satu lagi untuk dekripsi. Contoh algoritma terkenal
yang
menggunakan kunci asimetris adalah RSA.
Fungsi Hash Satu Arah
Hash function atau
fungsi hash adalah suatu cara menciptakan “fingerprint” dari berbagai data masukan. Hash function akan mengganti atau mentranspose-kan data
tersebut untuk menciptakan fingerprint, yang biasa disebut hash value.
Fungsi hash satu
arah (one-way hash function) adalah hash function yang bekerja satu arah, yaitu
suatu hash function yang dengan mudah dapat menghitung hash value dari
pre-image, tetapi sangat sukar untuk menghitung pre-image dari hash value.
Sebuah fungsi hash satu arah, H(M), beroperasi pada suatu pre-image pesan M
dengan panjang sembarang, dan mengembalikan nilai hash h yang memiliki panjang
tetap.
Tanda Tangan Digital, Tanda tangan digital adalah stempel
autentikasi elektronik yang
dienkripsi pada informasi digital seperti pesan
email, makro, atau dokumen elektronik.
Tanda tangan mengonfirmasi bahwa
informasi berasal dari penanda tangan dan belum
diubah.
·
Periklanan di internet tumbuh sangat cepat karena
pertumbuhan belanja iklan yang meningkat, akses internet sudah semakin cepat,
terjadinya globalisasi dimana masyarakat sekarang menggunakan gadget dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Keistimewaan dan Keunggulan Internet :
1)
Efficiency : apa yang
disajikan dalam internet dapat dinikmati oleh
pengunjung oleh jumlah yang tak terbatas,
tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan
2)
Without Boundary : internet tidak mengenal tapal batas negara atau benua
3)
24 Hours Online : internet suatu media informasi yang berlangsung sepanjang
waktu
4)
Interactive : topik dan hasil riset bisa didiskusikan melalui sarana
mailing list atau
chating tertentu. Selain
itu, peneliti juga bisa mengikuti perkembangan terbaru atau meminta komentar
dan penilaian dari berbagai pihak mengenai hasil penelitiannya
5)
Hyperlink : anda dapat menjelajah darisatu jaringan komputer ke jaringan
komputer lainnya yang
tergabung dalam internet, dari satu negara ke negara lainnya, dari satu benua
ke benua lainnya hanya dalam waktu sekejap
6)
No License Required : untuk dapat menayangkan informasi dalam internet,
tidak
diperlukan adanya surat
izin (SIUPP) terlebih dahulu
7)
No Censorship : hingga kini belum ada satu badan pun di dunia ini yang
berwenang
resmi untuk menyensor
(apalagi membredel) informasi dalam internet.
·
Bagian- bagian dari Piramida untuk Web Plan:
Strategi dibagian paling
atas piramida, berkaitan dengan pemfokusan pada pasar spesifik, kebutuhan
pasar, dan penawaran dalam atau dari website. Taktik pada level kedua, akan
menetapkan pesan – pesan pemasaran atau pemasaran dan cara bagaimana pesan –
pesan tersebut dikirimkan. Program pada level paling dasar piramida,
menyediakan implementasi spesifik.
·
Proyek dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat : ARPANET
·
Pengertian dari istilah- istilah berikut :
a.
Mailing List : fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik yang dilakukan
sekelompok
orang dengan menggunakan
fasilitas email
b.
WWW : salah satu web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan
data
dan informasi untuk dapat
digunakan bersama
c.
Email : salah satu proses pengiriman surat melalui internet dengan
menggunakan
waktu yang singkat dan
cepat
d.
Home Page : halaman pertama dari suatu website
e.
Email Addres : sebuah alamat email yang akan dituju oleh pengguna
f.
ISP (Internet Service Provider) : sebuah perusahaan
atau sebuah organisasi yang
menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk
perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain - lain.
g.
News Group : aplikasi di internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu
sama
lain dalam sebuah forum
h.
Riset Pasar : sesuatu yang
penting dalam bisnis karena dengan riset pasar akan
diketahui apa yang akan dibutuhkan
pasar atau masyarakat dan juga mengetahui pesaing – pesaing bisnis.
i.
Segmen Pasar : kegiatan membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang berbeda
yang memiliki kebutuhan,
karakteristik, perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk- produk
atau pemasaran yang berbeda
j.
Secondary Market Research : informasi yang telah dipublikasikan oleh pihak
lain
dan dapat dipilih mana
yang relevan
k.
Primary Market Research : riset yang dilakukan sendiri,bukan dari informasi
yang
didapat dari data yang
telah di publikasi
l.
Front End : suatu halaman yang tanpa kita harus melakukan log in atau
verifikasi
account
m. Back End : suatu halaman
yang dimana tidak bisa mengakses halaman tersebut
sebelum melakukan log in
atau verifikasi account
n.
Global Text :
o.
Banner :
merupakan bentuk iklan di internet yang paling sering dijumpai. Biasanya
sebuah banner berisikan teks atau pesan grafis singkat
dan atraktif untuk mempromosikan suatu produk. Ada dua jenis banner, yaitu keyword
banner dan random banner.
p.
Splash Screen :
halaman pertama dari sebuah website yang digunakan untuk
menarik perhatian para pemakai internet untuk jangka
pendek sebagai promosi atau wahana untuk memasuki homepage situs
bersangkutan dan untuk menginformasikan kepada para pemakai mengenai tipe browser
dan perangkat lunak lainnya yang dibutuhkan untuk membuka atau melihat
situs tersebut.
q.
Spot Leasing : Search
engines biasanya menyediakan ruang (spot) dalam
homepage-nya untuk disewakan kepada setiap pelaku bisnis yang berminat. Jangka
waktu penyewaannya tergantung pada kesepakatan kontrak antara pemilik search
engines dan penyewa. Jika banner di tayangkan pada berbagai waktu yang
berbeda, maka iklan di spot leasing justru selalu ada sepanjang periode
kontrak. Dengan demikian, tingkat persaingan pada spot leasing tidak
seketat pada banner. Kelemahan spot leasing adalah bahwa biasanya ukuran
iklan sangat terbatas dan kecil, sehingga bisa jadi para pengakses internet
tidak melihat atau malah mengabaikannya. Selain itu, biayanya juga relatif
sangat mahal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar